Sunday, March 08, 2009

Keringet Buntet aka Biang Keringat

huwaaah....Toby kena keringat buntet. Meminjam definisi dari sini:

Biang keringat, atau keringat buntet merupakan kelainan kulit yang disebabkan tersumbatnya kelenjar keringat. Karena ada istilah “tersumbat” inilah makanya orang awam kerap menyebut biang keringat sebagai keringet buntet. Bagian tubuh yang diserang adalah daerah kepala, punggung, dada, dan bahkan muka. Maklumlah, hampir semua anggota tubuh manusia mengandung kelenjar keringat, kecuali mulut.

Iklim di singapur ini kan puanas dan lembab ajah, dan Toby makin montog dimanah, antara kepala dan badan nempel hihi...alias lehernya ketelen sama daging2 montok di dagunyah..hihih.

Jadi muncul deh tuh si keringet buntet....kesian banget deeehh....merah2 gituh, pasti dia gatel dan gak nyaman.

Berbagai cara Mommy lakukan, dari sering masukin kamar ac siang hari (padahal maksudnya tak mau membiasakan di ac gitu hiks), sering2 sekain toby dan lap sampai kering.
Pakein bedak --> salah ternyata..malah bisa tambah tersumbat tuh kelenjar keringat.
Pakein baby oil, karena ada yang sampe kering ngelotok gitu --> salah juga...

Kemaren malem telponan sama Oma Jogja, sama Oma disuruh pakein ACI.
Paan tuuhh? ternyata yang dimaksud adalah Tepung Kanji. Kalau ibu2 di kampung tuh pakein tepung kanji buat bayi2nya kalau kena keringet buntet dan manjurr...

Hohoh..ya sudah, Toby pake resep sederhana tepung kanji ajah.
Kayanya sih lumayan yah, hari ini Mommy dan Daddy pakein di spot2 keringet buntet Toby.
Dan agak mendingan....ya moga2 cepet sembuh ya nak.


posted by jontor

5 comments:

justin said...

kalau siang di ruangan AC aja kali ya.. biar ga kena biang keringat :( poko2 juga ni, keringetan mulu kaya mandi, sampe2 bantal tidurnya aku alasin kain lagi.. kalau siang AC joss2an.. malam juga masih ber AC ria, cuma suhunya lebih hangat.. kecuali kalau hujan, baru AC mati.. tagihan listrik sampe naik kaing2..

yulidarmawan said...

hi Just...iya nih...pdhal ga mo biasain ac...yah skrg ac jg dah kl siang....kesian deh itu lehernya....hiks

eLsandra said...

Hi dear,
kayaknya aku ketinggalan banget deh, haha... seneng liat toby tambah gede n sehat2...
eh, kalo biang keringet biasanya kita pake bedak salicyl, tapi yg bener2 cuman talk + salicyl (utk bayi 2% atau 5%). Kalo di apotek di Indo, biasanya apotek2 lama suka bikin sendiri. Yang buatan pabrik biasanya sudah dicampur macam2 (pewangi, dll) jadi emang kurang bagus. Mungkin kalo ada yg ke Indo bisa titip, buat jaga2... ^_^ enjoy yaaa... being full time mother... what a noble job, hehe... ngomong2 kenapa dipanggil jontor dan pumpkin? kalo kriwil sih bisa dimengerti... ^_^

yulidarmawan said...

Echa,

thank you buat resepnya, nanti mei kita pulang indo, aku beli deh buat stok. Skarang sih dah baek, aku pakein sebamed healing cream. Awal2nya pas ke dokter aku tanay, eh dikasi Desowen solution (costicosteroid) eh jadinya toby hipopygmentation (sebeeeeeeel deh) jadi putih2 gitu lehernya..ya udah aku stop. padahal cuma makein 2 kali paling.

soal julukan :
jontor: karena aku dulu sering jontor karna alergi :D

pumpkin: ya sebutan buat toby waktu di perut, soalnya kan belum dipastiin namanya siapah :D

Hakim said...

Udah pernah cobain sabun giovan, belum? :)

http://sabun-giovan.blogspot.com/